TOKOH WAYANG NAKULA DAN KEMIRIPANNYA DENGAN SAYA



A. LATAR BELAKANG
      Secara harfiah, kata nakula dalam bahasa Sanskerta merujuk kepada warna Ichneumon, sejenis tikus atau binatang pengerat dari Mesir. Nakula juga dapat berarti "cerpelai", atau dapat juga berarti "tikus benggala". Nakula juga merupakan nama lain dari Dewa Siwa. Nakula merupakan putra keempat Prabu Pandudewanata, raja negara Hastinapura dengan permaisuri Dewi Madrim, seorang putri dari Prabu Mandrapati dengan Dewi Tejawati yang berasal dari negara Mandaraka. Ia lahir kembar bersama adiknya, yang bernama Sahadewa atau Sadewa. Dalam pedalangan Jawa Nakula memiliki nama kecil Pinten yang berarti nama tumbuh-tumbuhan yang daunnya dapat dipergunakan sebagai obat. Ia merupakan penjelmaan Dewa kembar bernama Aswin, Sang Dewa pengobatan. Nakula juga mempunyai tiga saudara lainnya yang berasal dari satu ayah, putra Prabu Pandu dengan Dewi Kunti putri dari negara Mandura, tiga saudara lainnya antara lain bernama bernama Puntadewa (Yudistira), Bima alias Werkudara dan Arjuna.
      Nakula tinggal di kesatrian Sawojajar, wilayah negara Amarta. Nakula mempunyai dua orang isteri yaitu :
- Dewi Sayati puteri Prabu Kridakirata, raja negara Awuawulangit, dan memperoleh dua orang putera masing-masing bernama Bambang Pramusinta dan Dewi Pramuwati.
- Dewi Srengganawati, puteri Resi Badawanganala, kura-kura raksasa yang tinggal di sungai Wailu (menurut Purwacarita, Badawanangala dikenal sebagai raja negara Gisiksamodra alias Ekapratala) dan memperoleh seorang putri bernama Dewi Sritanjung. Dari perkawinan itu Nakula mendapat anugrah cupu pusaka berisi air kehidupan bernama Tirtamanik.
      Setelah selesai perang Bharatayuddha, Nakula diangkat menjadi raja negara Mandaraka sesuai amanat Prabu Salya kakak ibunya, Dewi Madrim. Akhir riwayatnya diceritakan, Nakula mati moksa di gunung Himalaya bersama keempat saudaranya.
      
B. KEUNIKAN
Dalam kitab Mahabharata, Nakula adalah ksatria yang sangat tampan dan sangat elok parasnya. Dan Menurut Dropadi, Nakula adalah suami yang paling tampan di dunia. Namun dengan hal itu, Nakula memiliki sifat yang buruk yaitu membanggakan ketampanannya. Ia mahir menunggang kuda dan pandai mempergunakan senjata panah dan lembing. Nakula tidak akan bisa lupa tentang segala hal yang diketahui karena ia mempunyai Aji Pranawajati pemberian Ditya Sapujagad, Senapati negara Mretani. Ia juga mempunyai cupu berisi Banyu Panguripan atau "Air kehidupan" pemberian Batara Indra.
      Menurut Mahabharata, si kembar Nakula dan Sadewa memiliki kemampuan istimewa dalam merawat kuda dan sapi. Nakula digambarkan sebagai orang yang sangat menghibur hati. Ia juga teliti dalam menjalankan tugasnya dan selalu mengawasi sifat jahil kakaknya, Bima, dan bahkan terhadap senda gurau yang terasa serius. Nakula juga memiliki kemahiran dalam memainkan senjata pedang. Nakula merupakan pria yang paling tampan di dunia dan merupakan seorang ksatria berpedang yang tangguh. 
      
C. KEMIRIPAN DENGAN SAYA
      Nakula mempunyai watak jujur, setia, taat terhadap kedua orang tua, belas kasih, tahu bagaimana membalas budi dan dapat menjaga rahasia. Sifat yang dimiliki tokoh wayang Nakula ini sangat mirip dengan sifat saya. Saya adalah pribadi yang berusaha untuk selalu jujur kepada orang lain maupun diri sendiri. Termasuk dalam orang yang setia dalam hubungan pertemanan. Seseorang yang taat kepada kedua orang tua dan selalu ingin membanggakan orang tua, selalu berusaha untuk selalu berprestasi dan mencapai kesuksesan demi keluarga, dan mempriortaskan keluarga serta menjadikan keluarga sebagai supporting system nomer satu. Seseorang yang memiliki sifat dan sikap belas asih karena memiliki hati yang lembut, sifat nggak tegaan, sifat nggak enakan, mudah memaafkan dan sosok seorang yang dapat menjaga rahasia. Untuk lebih meyakinkannya, saya sudah mengetes sifat saya berdasarkan hari lahir weton jawa melalui web primbon. Meskipun hal ini tidak bisa ditelan mentah-mentah dan tidak bisa dipercaya sepenuhnya tetapi sedikit banyak memang hampir sesuai dengan sifat yang saya miliki. Dibawah ini merupakan capture sifat saya berdasarkan hari lahir weton jawa melalui web primbon :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Museum Wayang dan Artefak Purbalingga

Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman Purbalingga