Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman Purbalingga



Monumen yang dibangun tahun 1976 dan diresmikan 21 maret 1977 oleh Wapangab Jenderal Soerono, berdiri di tanah seluas 3,5 hektare di Desa Bantarbarang, Rembang Purbalingga, berjarak sekitar 32 km dari kota Purbalingga.
Kompleks MTL Jenderal Soedirman terdiri dari 2 bagian utama, yakni perpustakaan dan duplikat rumah kelahiran sang jenderal. Selain itu terdapat sebuah masjid dan sebuah aula sebagai gedung serbaguna. Di depan monumen terdapat dua lapangan besar dan tempat parkir yang cukup luas. Selain itu terdapat beberapa kendaraan perang seperti tank yang diletakkan di jalan masuk menuju monumen.
Untuk masuk ke dalam monumen, para pengunjung akan dikenakan biaya Rp 2..000,- setiap pengunjung. Jumlah kunjungan akan meningkat saat musim libur atau ada acara-acara tertentu.
Sebuah tempat yang berjarak 40 km dari pusat kota Purbalingga menjadi saksi sekaligus penanda sejarah kelahiran sang panglima besar.Jenderal Soedirman lahir di desa Bodaskarangjati, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah pada 24 Januari 1916. Ayahnya yang bernama Karsid Kartowiroji dan ibunya Siyem adalah rakyat biasa.
Di desa tersebut Soedirman lahir di sebuah rumah sederhana yang kini menjadi bagian dari Monumen Tempat Lahir (MTL) Jenderal Soedirman. Monumen tersebut dibangun pada tahun 1976 dan diresmikan pada 21 Maret 1977.


Penulis menyayangkan meski tempat ini sebagai penanda sejarah dan saksi lahirnya Jenderal Soedirman, keberadaan monumen ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas.

Sumber:





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Museum Wayang dan Artefak Purbalingga

TOKOH WAYANG NAKULA DAN KEMIRIPANNYA DENGAN SAYA