Masjid Jami' PITI Muhammad Cheng Hoo Purbalingga


Masjid Cheng Hoo Purbalingga merupakan bangunan masjid berarsitektur khas Cina yang berada di tepi Jalan Raya Purbalingga – Bobotsari di Desa Selaganggeng, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, berjarak 8,7 km dari Masjid Agung Purbalingga arah ke Utara.

Masjid Cheng Hoo Purbalingga ini mulai dibangun tahun 2005 sempat terhenti di tahun 2006 karena berbagai kendala, dan diresmikan enam tahun kemudian tepatnya tanggal 5 Juli 2011 bertepatan dengan 3 Sya’ban 1432H oleh H.A Zaky Arslan Djunaid selaku Ketua Umum Koperasi Simpan Pinjam (Kospin)JASA. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) sebagai wadah kegiatan ke-Islaman dan dakwah bagi masyarakat muslim Tionghoa terutama para mualaf di daerah Purbalingga. Muslim Thionghoa di Purbalingga ada sekitar 130-an orang mereka tersebar di 18 kecamatan, berdirinya masjid ini diharapkan bisa lebih memajukan Purbalingga khususnya dibidang dakwah Islam.
Nilai penting berdirinya masjid ini adalah adanya upaya semangat gotong royong dalam membangun masjid dan menjadi cerminan persatuan dan toleransi antar umat beragama di daerah purbalingga.

Sumber:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Museum Wayang dan Artefak Purbalingga

TOKOH WAYANG NAKULA DAN KEMIRIPANNYA DENGAN SAYA

Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman Purbalingga